Varian Rasa Mayones Untuk Pasar Horeka
Tuesday, 10-Mar-15 02:35:04 WIB

Pasar horeka (hotel, restoran, katering) yang berkembang pesat merupakan peluang emas bagi industri bahan makanan, termasuk mayones. PT Intan Kenkomayo Indonesia menangkap peluang itu dan langsung berinovasi dengan varian rasa yang beragam.

Peran mayones dalam industri kuliner memang masih terbilang sebagai pelengkap saja. Namun melihat perkembangan kreasi makanan  sekarang, peran mayones menjadi lebih penting. Tetap sebagai pendukung, tetapi juga ia sudah menjadi bahan pertimbangan utama dalam segi penambah rasa. Bahkan perannya kini bisa dibilang sudah sejajar dengan sambal.

Apalagi ditunjang dengan perubahan pola makan masyarakat Jakarta, mayones kini mampu membuka pasar yang lebih luas. Salah satu produsen mayones yang langsung muncul ke permukaan saat ini adalah PT Intan Kenkomayo Indonesia. Perusahaan patungan PT SoGoodFood Indonesia dan Kenkomayo Japan ini telah mampu melahirkan produk mayones untuk kalangan rumah tangga dengan merek O-mayo.

“Produksi kami lakukan di Indonesia, dan saat ini kami menyasar dua segmen, yaitu pasar ritel dengan merek dagang O-mayo dan pasar horeka. Untuk brand O-mayo sendiri yang merupakan merek dagang milik SoGoodFood, mereka memiliki dua varian yaitu Manis dan Pedas. Sedangkan untuk pasar horeka, PT Intan Kenkomayo Indonesia akan mengeluarkan merek yang berbeda,” ujar Shinta Pradani, Sales and Marketing PT Intan Kenkomayo Indonesia.

Pasar horeka memang menawarkan ceruk bisnis yang menggiurkan. Meningkatnya tingkat ekonomi masyarakat Indonesia membuat bisnis di bidang horeka terutama dunia foodservice semakin cerah. Parameternya bisa dilihat dari semakin bermunculannya hotel dan juga restoran. Bahkan kini semakin luas pula lokasi kuliner di Jakarta, seperti di Pantai Indah Kapuk hingga kawasan Serpong, Tangerang.

“PT Intan Kenkomayo Indonesia melihat bahwa besarnya potensi di kategori saos dan dressing di kalangan horeka. Selain itu peningkatan jumlah restoran di Indonesia dan variasi menu tersebut membuat kami yakin bahwa potensi mayones di horeka itu akan tumbuh semakin besar,” ujar Shinta.

Terjun ke segmen horeka membuat PT Intan Kenkomayo Indonesia mempersiapkan dengan baik kualitas produknya. Pabrik dengan teknologi yang modern, ditunjang dengan standar kualitas produk yang ketat menjadi cara untuk memberikan hasil memuaskan untuk pelanggannya. Shinta menjelaskan, untuk standart quality control yang diterapkan semua mengacu pada Kenkomayo Japan, yang memang sudah teruji kualitasnya. “Hanya saja ada beberapa yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia,” ujar Shinta.

Selain menjamin kualitas produk yang dihasilkan, PT Intan Kenkomayo Indonesia juga memberikan beberapa pilihan jenis mayones. Untuk pasar horeka, varian rasa yang diberikan antara lain Japanese Mayo, Onion, Blackpepper, Manis, Pedas, Thousand island, Milk mayo, Blackpepper, Cheese, Tuna, Base Mayo, dan Sweet Lime. “Kami memproduksi produk halal dan berkualitas, kami berkomitmen untuk menjaga kualitas tersebut dan memberikan inovasi dalam setiap sajian menu di segmen horeka,” ungkap Shinta.

Tidak hanya itu, pelanggan juga diberi kebebasan bila menginginkan varian rasa yang diinginkan. Untuk segmen horeka ini, PT Intan Kenkomayo Indonesia menyediakan kemasan berukuran 1 kg. Semuanya demi menjawab bertambahnya kebutuhan mayones dalam dunia kuliner Indonesia, ditambah untuk memberikan pelayanan yang maksimal ke pelanggan. “Kami berharap bahwa PT Intan Kenkomayo Indonesia dapat terus berinovasi, melayani customer dengan produk yang berkualitas, dan kami bisa menjadi no.1 di kategori mayones dan dressings,” tutup Shinta.