Simpel, Kuat dan Berkualitas
Wednesday, 04-Mar-15 03:13:43 WIB

Nama Beanstro mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun ketika Anda memperhatikan dengan seksama logo bergambar biji kopi dan daun teh, Anda dengan cepat bisa menebak kalau tempat makan ini berhubungan dengan The Coffee Bean & Tea Leaf.

Benar saja, Beanstro adalah salah satu keluarga The Coffee Bean & Tea Leaf yang menampilkan restoran berkonsep American fun dining bistro. Secara sederhana, Beanstro menjadi versi lengkap/ pengembangan dari The Coffee Bean & Tea Leaf.

Beanstro merupakan restoran franchise yang bernaung di bawah satu atap, The Coffee Bean & Tea Leaf, yang di Indonesia dikelola oleh Trans Corp melalui divisi PT Trans Coffee – Trans F&B. Beanstro yang berlokasi di Puri Indah Mall extension lantai GF, Jakarta Barat, ini menjadi outlet pertama di Indonesia sekaligus ke-4 di dunia setelah Singapura, Dubai dan Filipina.

Dari sisi interior tidak banyak perbedaan dari ‘kakaknya’, sedangkan seginmenu justru lebih lengkap di Beanstro. Di tempat ini tersedia menu appetizer hingga dessert, sebut saja di antaranya prawn & avocado salad, steak sandwich dan salmon diaries. Makanan lokal pun tersedia di sini, seperti sop buntut dan nasi goring kampung.

Satu perbedaan yang cukup mencolok adalah hadirnya menu minuman mojito dan fresh juice. Untuk mengolah kedua minuman itu tentu dibutuhkan salah satu perangkat blender komersial untuk membuat beberapa minuman spesial itu.

Blendtec menjadi blender komersial pilihan di outlet perdana Beanstro di Indonesia itu. Tipe Q Series yang dipilih Beanstro di Indonesia dipakai untuk mengatasi kendala suara bising ketika blender dioperasikan. Memang, Blender ini dilengkapi penutup berdesain sound enclosure sehingga mampu mengurangi bising hingga 50% atau berkurang 10 desibel. Dengan begitu pengunjung tidak terganggu dan tetap bisa menikmati hidangan dan suasana di restoran berkapasitas 90 kursi ini.

Setidaknya Beanstro menggunakan dua buah blender untuk membuat minuman di sini. “Kita menggunakan dua blender, masing-masing untuk mem-blended minuman kopi dan nonkopi,” ujar Imee Hartanto, Training Manager PT Trans Coffee, Trans F&B. Dua buah blender ini diperlukan untuk memisahkan proses pembuatan minuman kopi, karena rasa dan aroma kopi yang kuat dapat melekat di bejana (jar) blender dan merusak minuman seperti jus.

Selain minuman favorit blue mojito dan lychee mojito, orange juice dan strawberry juice juga menjadi incaran para pengunjung Beanstro. Strawberry juice-nya terasa segar dengan tekstur lembut (smooth), tidak lain karena strawberry grade A dan blender yang digunakan.

Di samping desainnya yang simpel dan dinamis, blender komersial asal Amerika Serikat bersertifikat NSF ini memiliki motor yang kuat. Dengan kecepatan putaran 30 ribu RPM, tak heran jika mampu menghasilkan jus yang lembut.

Wanita yang akrab disapa Imee ini mengungkapkan sebuah restoran harus menggunakan blender komersial, bukan blender rumah tangga. “Untuk blender kita pilih yang kuat blade-nya dan enggak gampang patah karena kita mem-blended es secara terus-menerus,” tukasnya.

Kemudahan dalam hal operasional juga menjadi salah satu alasan menggunakan blender ini. Panel kontrol berupa touch pad dan kemampuan memprogram 30 resep menu minuman menjadi salah satu fitur perangkat ini. “Kita butuh yang speed-nya bisa diprogram. Kita program speed hanya sekitar 18-20 detik,” ungkapnya.

Tidak hanya sekedar menggunakan perangkat berkualitas tetapi juga mementingkan sisi purna jualnya. “Alasan pilih Blendtec dari segi kualitas dan segi spare part-nya yang gampang. Siapa tahu blade-nya patah kita bisa tahu beli di mana,” jelasnya.

Untuk membersihkan jar blender pun tidak sulit. Di Beanstro, dua buah blender di tempatkan dekat dengan sink wash sehingga memudahkan pembersihan. Cukup menggunakan sabun pembersih untuk melunturkan lemak kemudian dikeringkan dengan lap bersih.

Hingga saat ini menu minuman Beanstro sama seperti di The Coffee Bean & Tea Leaf dengan penambahan varian mojito dan fresh juice. “Rencana develop minuman saat ini belum dilakukan karena baru buka pertama. Tetapi tidak menutup kemungkinan promo seasonal seperti summer akan mengeluarkan minuman baru. Sementara minuman favorit masih lychee mojito dan orange juice,” tutupnya.