Profitable Restaurant Business Development
Friday, 05-Dec-14 10:10:58 WIB

Mengembangkan bisnis restoran yang menguntungkan sudah menjadi dambaan bagi para pengusaha. Seringkali para pengusaha dihadapi kendala dalam mengembangkan bisnis restoran karena pemilihan konsep dan lokasi yang salah atau tidak strategis, terlalu optimis dengan menu masakan yang Anda kuasai, menunggu pembeli dan tidak berinisiatif menjemput tamu atau pengunjung, pelayanan yang kurang baik juga dapat mengecewakan tamu dan tidak adanya menu istimewa yang ditawarkan tidak akan menarik minat konsumen.

Rahasia dari sebuah manajemen restoran yang baik itu memiliki pondasi yang kuat yang disusun dari tiga bidang manajemen restoran antara lain, management kitchen operation, management service operation dan human resources management. Jika ketiga aspek tersebut berjalan dengan selaras maka akan tercapai kesuksesan dalam berbisnis restoran.

Aspek human resources management harus memiliki satu visi dan misi dalam mencapai company goal. Contoh bentuk visi perusahaan yaitu menjadi pelaku bisnis restoran terbaik di Indonesia dan mengembangkan bisnis restoran menjadi sepuluh outlet dalam lima tahun. Bentuk dari misi perusahaan dapat dijabarkan seperti berikut; menjalankan bisnis restoran dengan sistem manajemen profesional dan mengembangkan bisnis restoran melalui sistem franchise.

Setelah itu, aspek kitchen operation management harus konsisten menjaga kualitas produk makanan dan minuman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kualitas makanan dan minuman antara lain memperhatikan standar resep, standar porsi, standar biaya, hygiene & sanitation, menu yang bervariasi, menu special/khusus dan presentasi menu yang menarik.

Tidak kalah pentingnya, aspek service operation management juga perlu diperhatikan dalam hal sequence of service dan service excellence. Dalam hal meningkatkan penjualan, beberapa kunci sukses dapat diuraikan seperti meningkatkan average check yakni menawarkan menu yang lebih mahal, menawarkan hidangan dan minuman tambahan. Selanjutnya adalah pelatihan kemampuan menjual (up-selling) dengan melatih waiter-waitress agar pandai berbicara dalam menjelaskan menu yang dijual. Meningkatkan jumlah tamu dengan membuat database pelanggan untuk komunikasi dan menarik pengunjung dengan program promosi hingga membangun hubungan relasi dengan tamu.