PIRA Charcoal Oven, Sederhana, Ekonomis dan Multifungsi
Wednesday, 18-Mar-15 10:10:11 WIB

Sebuah oven arang adalah kombinasi sempurna antara barbeque dan oven. Penggabungan keduanya dalam sebuah mesin sederhana membentuk kombinasi dan solusi yang terbaik. Para chef jadi bisa menciptakan banyak kreasi masakan, apakah itu daging, ikan, atau sayuran, yang memberi rasa dan aroma asap barbeque tetapi dengan waktu memanggang yang lebih cepat dan arang yang lebih sedikit.

Salah satu pemain berpengalaman yang memproduksi oven arang adalah Pira Charcoal Ovens and Barbeques. Perusahaan asal Barcelona, Spanyol, ini telah bergelut selama 30 tahun dan menjualnya ke lebih dari 40 negara di seluruh dunia.

Kehadiran Pira tak lepas dari upaya Xavier Bas, seorang pengusaha Barcelona yang berusia 41 tahun. Xavier telah malang-melintang di dunia pemasaran oven arang dan perlengkapan memasak lainnya. Berbekal pengalaman dan pengetahuannya itulah Xavier tergerak membeli perusahaan yang memproduksi oven arang. Sebelumnya, perusahaan ini hanya membuat oven arang untuk memenuhi permintaan perusahaan lain lalu diberi merek masing-masing. Sehingga sejatinya, oven arang buatan perusahaan ini sudah tersebar di mana-mana. Maka sejak April 2014, Pira menjadi produsen yang dengan mereknya sendiri itu menjual oven arang langsung ke pelanggan profesional di seluruh dunia.

Tentu saja untuk bersaing dengan pemimpin pasar, Xavier punya keyakinan khusus. “Untuk mendapatkan produk-produk inovatif berkualitas, investasi yang paling penting adalah karyawan. Inovasi terkait ide-ide baru dan inspiratif merupakan sumber yang datang mengalir, bukan hanya dari uang,” jelas Xavier lewat surat elektronik, “Modal manusia adalah elemen esensial, dan produk kami membuktikan itu.”

Dengan filosofi itu, Pira tidak gentar dengan pasar yang sudah didominasi kuat oleh merek tertentu. “Kami menawarkan sesuatu yang berbeda dan autentik. Ketika pasar berpikir tentang Pira, mereka tahu kami spesial,” katanya penuh percaya diri. Tidak main-main, Xavier pun punya target penjualan dua kali lebih besar dalam tiga tahun ke depan.

Pira yang memiliki basis pemasaran di Eropa dan Rusia, kini sedang menjajaki pasar Asia dan Amerika Selatan. Dengan keyakinan karena kedua pasar yang menjadi sasarannya itu punya latar belakang budaya memasak menggunakan arang atau kayu bakar. “Kami percaya salah satu wilayah dengan pertumbuhan kuat dalam tiga tahun terakhir ini ada di Asia Tenggara. Indonesia adalah negara yang sangat penting, kami akan memberikan perhatian penuh di pasar ini,” tutur Xavier tentang potensi pasar di Indonesia.

“Reaksi dari mitra kami di kawasan ini serta pengalaman kami di beberapa negara lain, membuat kami percaya dengan strategi ini. Strategi pemasaran kami adalah dengan mencari distributor eksklusif yang ingin berpartisipasi dalam proyek kami. Sejak awal, kami ingin menempatkan produk kami di tempat yang terbaik dan diakui pasar,” tambahnya.

Dengan menyatakan diri sebagai the Authentic Specialist Producer, Pira memberikan kepastian produk yang spesial dan menyediakan desain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Ini didukung pula dengan layanan purna jual untuk segera menyelesaikan pertanyaan dan keluhan pelanggan. “Kami selalu mencari distributor yang punya riwayat pelayanan yang tinggi yang memastikan layanan purna jual terunggul,” terang Xavier. “Dari kami, mereka selalu mendapat dukungan. Tetapi dengan kualitas produk seperti ini, sejujurnya tidak banyak yang perlu mereka lakukan,” katanya bangga. (SS)