PIRA CHARCOAL OVEN - PERANGKAT MODERN RASA TRADISIONAL
Friday, 22-May-15 09:07:33 WIB

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika menikmati makanan yang dibakar dengan arang? Tentu saja tekstur makanan yang lebih lembut dan juicy, rasa makanan yang lebih gurih dengan sensasi smoky, serta tampilan yang bergaris-garis seolah menari-nari memancing nafsu makan Anda.

Makanan ini dengan bebas dapat Anda temui di berbagai restoran tradisional. Sayangnya, jika Anda mengelola restoran dengan dapur profesional, panggangan biasa dengan kipas ini dapat merusak dan mengotori dapur Anda. Proses memasak pun dapat terganggu karena asap yang berlebihan.

Pira, sebuah oven arang asal Spanyol dapat menjawab kebutuhan dapur komersial yang ingin menghadirkan cita rasa tradisional namun tak ingin lepas dari kepraktisan dan kecanggihan alat modern. Oven arang yang istimewa ini dapat memanggang berbagai makanan dengan cita rasa ala barbeque. Dengan Pira Charcoal Oven, Anda dapat menghemat 40% jumlah arang yang digunakan. Lebih dari itu waktu Anda untuk memanggang 35% lebih cepat dari cara tradisional. Dengan hematnya alat ini, Anda bahkan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bagaimana bisa?

Sistem aliran udara pada regulator internal Pira Charcoal Oven inilah yang membuat Anda dapat menghemat sumber daya dan juga waktu. Dengan membuka atau menutupnya, Anda dapat menambah atau mengurangi  kadar oksigen di dalam oven. Dengan begitu, Anda dapat menentukan suhunya. Kelembaban makanan pun terjaga di dalam oven, berbeda dengan memanggang menggunakan griller biasa. Rasa berasap yang didapatkan juga lebih kuat karena asap yang dihasilkan oven ini tidak menguar kemana-mana. Fitur inilah yang membuat rasa makanan yang dimasak menggunakan Pira Charcoal Oven menjadi lebih nikmat dan juicy.

Selain itu, dinding Pira Charcoal Oven terbuat dari lapisan bahan antitermal ganda yang dapat mengisolasi panas dengan sempurna di dalam oven. Tak kanya itu, pintu Pira Charcoal Oven terbuat dari kaca Neocram yang tahan panas hingga 750°C. Pintu ini memungkinkan Anda untuk mengontrol panas di dalam oven tanpa harus membuka pintu dan menyebarkan asapnya.

Untuk fungsi terbaik, arang kelapa adalah jenis arang yang kami rekomendasikan untuk Anda gunakan pada oven ini. Alasannya, arang kelapa memiliki durasi pembakaran yang lebih lama. Arang ini juga tidak menghasilkan api dan jelaga. Lima kilogram arang kelapa akan cukup memadai untuk digunakan pada Pira Charcoal Oven.

Walaupun perangkat ini menahan kelembaban makanan di dalamnya, Anda tidak perlu khawatir untuk mengurus kebersihan oven ini. Pira Charcoal Oven dilengkapi dengan laci penampung minyak yang terdapat dibagian bawahnya. Dengan fitur ini, minyak dan cairan yang menetes dari makanan akan segera mengalir dan tertampung di dalamnya. Selain untuk alasan kebersihan, fitur ini juga berguna untuk alasan keamanan. Minyak yang tidak tertampung dapat membakar makanan dan menghasilkan percikan api sehingga merusak makanan dan juga oven itu sendiri. Pira Charcoal Oven juga dilengkapi dengan penampung abu jelaga yang merupakan residu dari hasil pembakaran arang ketika proses pemasakan berjalan.

Tampilan luar Pira Charcoal Oven juga menarik. Oven ini terbuat dari baja tahan karat yang tersedia dalam beberapa warna sesuai dengan modelnya, mulai dari warna hitam yang terkesan kuat, warna abu-abu klasik, hingga warna merah yang lebih mencuri perhatian. Pegangan oven yang terbuat dari kayu tidak hanya enak dilihat dan menimbulkan kesan tradisional yang kuat, pegangan ini pun dapat menahan panas sehingga lebih aman untuk dipegang. Walaupun oven ini tidak menggunakan gas ataupun listrik, Pira Charcoal Oven dilengkapi dengan thermometer analog yang dapat menampilkan suhu dalam oven. Dengan temometer ini, Anda dapat mengatur suhu di dalam oven sehingga makanan yang dihasilkan tidak terlalu matang atau terlalu mentah.

 

 

KEEP READING :