Perangkat Pendukung Kerja Barista Professional
Tuesday, 18-Nov-14 02:46:22 WIB

Keberadaan mesin penggiling kopi di sebuah coffee shop sangat penting terlebih perangkat ini sangat dibutuhkan oleh para barista yang menggunakan mesin kopi semi otomatis dan manual.

Umumnya coffee grinder sudah terpasang pada mesin kopi otomatis (fully automatic coffee machine) sehingga mampu menghaluskan biji kopi, menakar kopi bubuk hingga mengolahnya menjadi espresso.

Namun lain halnya pada mesin kopi manual dan semi otomatis. Jenis mesin kopi tersebut tidak memiliki fitur penggiling kopi. Coffee grinder terdiri dari dua jenis yakni manual dan otomatis. Jenis mesin manual memiliki panel kontrol analog dan pada mesin otomatis sudah dalam bentuk digital. Pengoperasian mesin manual masih menggunakan perkiraan atau feeling barista dalam menentukan kehalusan biji kopi. Sedangkan coffee grinder otomatis sudah terprogram menghaluskan biji kopi dan menakarnya (dosing).

Coffee grinder dibutuhkan para barista untuk mendapatkan kehalusan biji kopi yang diinginkan. Perbedaan kehalusan biji kopi akan memengaruhi hasil espresso. Bahkan perbedaan kecepatan putaran gerinda (burr) dapat memengaruhi kualitas kopi karena gesekan burr dan biji kopi akan menghasilkan panas dan meningkatkan kematangan biji kopi hingga saat brewing akan membuat kopi terasa ‘hangus’.

Kapasitas wadah biji kopi (bean hopper) dan wadah bubuk kopi (coffee doser) bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih coffee grinder. Semakin besar kapasitasnya maka produksi bubuk kopi pun sebanding. Coffee grinder manual dengan coffee doser biasanya menyisipkan pengatur dosing untuk menakar jumlah bubuk kopi yang dibutuhkan. fitur ini juga penting terlebih dapat mengukur dengan akurasi yang tepat. Berikut kami merekomendasikan dua merek coffee grinder yang dapat dijadikan pilihan bagi usaha Anda.

MAZZER - Super Jolly SJM

Mesin yang memiliki dimensi 240x610x420 (mm) ini merupakan salah satu grinder tipe manual. Walaupun bekerja secara manual tetapi grinder mampu bekerja secara otomatis dan akan bekerja setiap pemakaian 12 doses, mesin pun akan berhenti otomatis apabila ground coffee doser penuh. Mengoperasikannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memutar switch yang ada di bagian samping kanan bawah. Mesin yang bekerja menggunakan energi listrik ini daya konsumsi listriknya tidaklah besar, hanya sekitar 350 watt saja. Dengan daya sebesar itu, saat bekerja pisau grinder yang berukuran (ref. 33M - 33T) mm Ø 64 (2½ inches) ini akan berputar menggiling biji kopi dengan kecepatan 1400 (50 Hz) r.p.m/1600 (60 Hz) r.p.m.

Super Jolly Man memiliki 2 kontainer yaitu untuk biji kopi dan bubuk kopi yang telah digiling. Kapasitas kontainer Super Jolly Man pun cukup besar, untuk kontainer biji kopi mampu menampung biji kopi hingga 1.2 Kg, sedangkan kontainer bubuk kopinya mampu menampung sekitar 280 gram. Anad pun dapat mengatur tingkat ketebalan gilingan antara 5.5 hingga 8 gram (0.19-0.28 oz). Selain itu, Mazzer juga melengkapi tamper coffee di bagian samping untuk mempermudah Barista dan lebih efisien.

Mesin Italia dengan berat bersih 14 Kg ini memiliki 8 pilihan warna (putih, hitam, abu-abu gelap, aluminium, aluminium mengilap, emas, merah menyala, dan merah tua), dan dibandrol dengan harga sekitar US$680 hingga US$700. Anda pun dapat memesan logo mesin kopi yang Anda gunakan dan ditempel di bagian belakang grinder. Hal ini saya dapati pada grinder Super Jolly Man dengan logo Astoria di belakangnya.

Eureka - Zenith Club

Eureka telah berdiri sejak 1920 di Florence, Italia dan sejak awal konsisten memproduksi penggiling biji kopi (coffee grinder). Dari sekian banyak coffee grinder yang diproduksi, Eureka Zenith Club adalah salah satu seri mesin penggiling kopi tipe manual yang dapat diandalkan untuk coffee shop.

Meskipun tipe manual namun mesin kopi ini tetap mudah digunakan. Salah satu keunggulan Eureka Zenith club ini adalah fitur micrometrical adjustment. Dengan fitur ini penggilingan biji kopi akan menghasilkan bubuk kopi dengan selisih tingkat halus yang tidak terlalu jauh. Alhasil tingkat akurasi kehalusan bubuk kopi lebih tepat. Untuk mengoperasikan fitur ini tidak perlu memutar leher grinder namun cukup memutar knop di bagian collar.

Bodi perangkat ini dibuat dari chromed aluminium dan tersedia dalam pilihan warna hitam dan silver. Untuk menggiling biji kopi, mesin ini memakai pisau grinder (burr) tipe flat berukuran 60 mm yang terbuat dari baja yang dikeraskan (hardened steel). Burr ini digerakkan motor listrik yang mampu menghasilkan putaran 1330 rpm.

Mesin yang mengonsumsi daya listrik 280 watt ini dilengkapi wadah biji kopi (bin storage) berkapasitas 1,2 kg. Eureka Zenith Club mampu menghasilkan bubuk kopi sebanyak 5,5 kg per jam. Perangkat ini juga memiliki wadah bubuk kopi (doser storage) yang dapat menampung 450 gram bubuk kopi.

Pada doser storage dilengkapi pengatur dosing yang menakar jumlah bubuk kopi setiap sekali dosing. Terdapat pilihan pengaturan untuk mengeluarkan 6 gram, 7 gram, dan 8 gram. Doser storage juga disisipkan dosing counter empat digit yang berguna menghitung jumlah dosing kopi yang dikeluarkan.

Perangkat berbobot 11,5 kg dilengkapi pula tamper untuk meratakan dan menekan bubuk kopi pada porta filter. Fitur ini cukup membantu jika Anda belum memiliki tamper. Coffee grinder merek Eureka ini biasanya dipaketkan dengan mesin kopi Nuova Simonelli. Namun Anda dapat pula membelinya secara terpisah. Eureka Zenith Club dipasarkan di Indonesia dengan harga sekitar 8 juta rupiah.