Pentingnya Insect Killer dan Penempatannya
Thursday, 07-Aug-14 09:00:42 WIB

Hama serangga adalah salah satu musuh utama dalam industri foordservice seperti restoran, hotel ataupun katering. Serangga seperti lalat, nyamuk, kecoa, dan lainnya ini sangat mobile sehingga dengan cepat dan mudah menjangkau ke semua area.

Seekor lalat saja memiliki kemampuan terbang mencapai 3 km, sehingga memungkinkan baginya menyebarkan berbagai bakteri ataupun penyakit dengan cepat dan luas. Tidak hanya itu, lalat pun memiliki kemampuan berkembang biak dengan cepat. Dalam waktu 3-4 hari lalat betina mampu bertelur hingga 500 butir. Lalat pun dapat bertelur dengan cepat di sumber-sumber bau yang sangat disukainya, seperti di tempat sampah, buah-buahan, daging dan sebagainya. Tentu akan menjadi bencana yang besar jika lalat-lalat tersebut hinggap pada bahan makanan, atau mengganggu kenyamanan pelanggan Anda.

Sebenarnya untuk mengatasinya Anda bisa saja menggunakan semprotan obat anti serangga. Walaupun cara ini tergolong cepat dan mudah, sayangnya rata-rata bahan obat anti serangga mengandung bahan kimia yang berbahaya. Anda pun juga dapat beberapa produk berbentuk bubuk yang cukup ampuh membunuh lalat. Tentunya cara-cara tersebut tidak dapat diaplikasikan di dalam ruangan. Selain karena faktor bahan kimia yang berbahaya, faktor estetika pun menjadi halangan jika digunakan di dalam ruangan seperti area dapur atau pun ruang makan. Produk-produk tersebut biasanya digunakan sebagai dinding pertahanan pertama, mengatasi hama serangga dari luar.

Untuk itu ada pentingnya Anda mempersenjatai bagian dalam restoran dengan peralatan electric insect killer yang dapat membasmi serangga lebih efisien. Penggunaan electric insect killer bahkan telah menjadi bagian dari prosedur food safety management yang terdapat di dalam HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points).

Electric insect killer di pasaran memiliki berbagai macam ragam dan bentuk, disesuaikan dengan fungsi dan penempatannya. Penggunaan electric insect killer dipercaya mampu mengendalikan serangga yang terbang tanpa menganggu kenyamanan pelanggan Anda.

Biasanya yang sering kita temukan di pasar adalah model electric killing grid. Alat ini memiliki UV light di bagian dalam untuk menarik perhatian serangga, killing grid di bagian luar yang dialiri listrik, dan removable tray untuk menampung serangga-serangga yang berjatuhan. Alat ini sangat laku di pasaran, tidak hanya digunakan di industri foodservice tetapi juga di pabrik, rumah dan perkantoran. Produk ini rata-rata memiliki karakteristik dan bentuk yang berbeda, seperti bentuk lampion dan model standar dengan berbagai macam ukuran.

Selain model electric killing grid, terdapat pula model Glueboard yang juga dilengkapi dengan UV light serta cairan feromon untuk memperkuat kinerja dan lem sebagai jebakan. Alat ini termasuk efektif dalam membasmi serangga yang terbang, dan bahkan memiliki tipe yang bisa diletakkan di dalam showcase pastry/ bakery. Keunggulan lainnya adalah, alat ini tidak terlalu mencolok perhatian karena penempatannya yang dapat disamarkan. Sedangkan untuk bagian lem biasanya diganti setiap 6 minggu sekali.

Hanya saja insect killer jenis tersebut terkadang memiliki beberapa kelemahan. Alat tersebut memiliki jangkauan jarak yang terbatas. Terkadang beberapa serangga baru merespon alat tersebut dalam jarak 10 – 30 meter. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan dan penempatan yang tepat baik dari segi jumlah dan posisi, sehingga proses kerjanya menjadi lebih efektif. Penanganan tersebut, seperti :

1. Perhatikan petunjuk pemakaian, setiap produk biasanya mencantumkan informasi di mana alat itu sebaiknya diletakkan. Karena penempatan tidak hanya menentukan efektifitas kerja alat, tetapi juga daya tahan alat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Jauhkan Electric Fly Killer dari sumber cahaya seperti jendela, pintu dan lampu ruangan sehingga tidak memengaruhi pencahayaan.

3. Jangan diletakkan berdekatan dengan sumber panas atau saluran udara seperti pemanas ruangan ataupun Air Conditioner (AC).

4. Jangan letakkan Electric Fly Killer di atas area sensitif seperti area food preparation.

5. Tipe Glueboard biasanya diletakkan di area yang paling sensitive seperti area food preparation atau area produksi.

6. Diusahakan sebisa mungkin mesinnya diletakkan 90 derajat dari datangnya cahaya alami seperti dari jendela, pintu dsb.

7. Electric Fly Killer seharusnya diletakkan di area potensial masuknya serangga. Ini sebagai bentuk antisipasi masuknya serangga ke area sensitif.

8. Electric Fly Killer sebaiknya diletakkan tidak terlalu tinggi ataupun rendah di di ketinggian 2 meter pada area yang terlindungi.