Pengembalian Investasi Hotel
Tuesday, 03-Mar-15 03:00:31 WIB

Saya baru bekerja di hotel yang baru saja beroperasi di Bali. Hotel kami menawarkan lokasi dan design kamar yang sebetulnya tidak jauh berbeda dengan konsep hotel yang lain di Bali. Seperti misalnya, eksplorasi soal keindahan pantai dan suasana budaya Bali, hotel yang berlokasi di kawasan wisata, serta kamar yang disediakan untuk orang yang sedang melakukan perjalanan bisnis sekaligus ingin relaksasi. Dengan persaingan hotel yang cukup ketat di Bali,  saya mencoba menawarkan ciri khas di sisi menu makanan yang diambil dari khasanah masakan Bali bercampur dengan western. Menurut perhitungan umumnya di bisnis hotel, berapa sebetulnya kontribusi dari pendapatan sewa kamar dan restoran hotel? Lalu, menurut pengalaman Anda berapa lama rata-rata investasi hotel akan kembali?

Jason. Manajer hotel.

Salam hormat Jason, terima kasih untuk pertanyaan Anda. Pengembalian investasi untuk hotel bintang tiga sampai empat bisa tercapai dalam 7-8 tahun dan 4-5 tahun bagi hotel bintang dua. Sementara bagi hotel bintang lima pengembalian investasi tentunya akan memakan waktu yang lebih lama. Mengenai perbandingan kontribusi keuntungan dari makanan dan harga kamar, hal ini ini banyak bergantung pada fasilitas F&B dan posisi harga. Belakangan ini, melihat beberapa hotel bisa memperoleh kentungan 40% dari penjualan pada outlet F&B bukan lagi hal luar biasa terutama bagi mereka yang memiliki fasilitas ruang serbaguna.

Dengan kata lain, jangan pernah meremehkan nilai dari kebaikan pengelolaan departemen F&B yang tepat dalam sebuah hotel. Jiwa suatu hotel pasti akan diperkaya melalui pengalaman F&B dari pada kondisi pelayanan kamar. Hotel-hotel tidak bisa bersaing banyak satu sama lain dalam hal fasilitas ruangan kecuali dengan tarif kamar tapi dalam hal F&B, ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghadirkan kepribadian hotel yang sebenarnya dan bisa dimanfaatkan sebagai faktor pembeda.