Pelopor dan Spesialis di Industri Mixer
Friday, 27-Feb-15 09:21:57 WIB

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri food processors dan vegetable preparation, nama Dynamic tidak terlalu santer di industri foodservice Indonesia. Layaknya merek-merek besar seperti Robot Coupe, Waring, Hobart, Sirman dan lain-lain. Padahal Dynamic merupakan perusahaan yang sudah lama berkecimpung di industri foodservice dunia, dan telah hadir sejak tahun 1964 sebagai produsen commercial hand held mixer. “Dynamic adalah perusahaan Perancis seperti Robot Coupe. Tapi kami adalah perusahaan pelopor mixer dan sudah hadir sejak 50 tahun lalu. Kamilah yang menciptakan mixer tradisonal, atau bisa dikatakan kami adalah penemu dan spesialis di industri mixer,” ungkap Philippe Mandin-Diraison - Director Commercial Dynamic saat diwawancarai di kantor Foodservice Today.

Kedatangan Director Commercial Dynamic kali ini ke Indonesia adalah dalam rangka memperluas pasar dan memperkenalkan produk Dynamic yang biasanya masuk melalui Singapura. Tidak hanya Indonesia, Philippe juga mengadakan kunjungan di beberapa negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Hong Kong dan Filipina. “Kami ingin punya beberapa representatif di negara-negara yang saya kunjungi nantinya, agar lebih mudah memantau perkembangan penjualan,” ungkap Philippe.

Dari segi produk, 95% produk Dynamic adalah hand mixer, sedangkan sisanya adalah vegeatable cutter. Semua produk mereka dibuat di Perancis, dan selama 50 tahun terus fokus di industri mixer. “Dynamic bisa dibilang spesialis di industri mixer, sedangkan Robot Coupe adalah generalist. Kami satu-satunya perusahaan yang mengerjakan hand mixer sendiri dari nol, sementara Robot Coupe hanya merakit saja,” ungkap Philippe begitu bersemangat membandingkan produknya dengan Robot Coupe.

Walaupun terbilang sudah tertinggal jauh pergerakannya di Indonesia, ketimbang merek lain yang sudah dikenal oleh chef dan para pebisnis foodservice di Indonesia. Philippe tetap optimistis bahwa produknya akan diterima dengan baik. “Faktanya produk kami telah diterima di ratusan negara, dan ekspornya mencapai 85%. Jadi kenapa tidak di Indonesia, fakta ini sudah cukup menjual. Para chef mengenal kualitas produk Dynamic,” ungkap Philippe. Walaupun begitu, Philippe mengaku masih belum menemukan distributor lokal yang tepat untuk memasarkan produknya di Indonesia.

Bicara mengenai kualitas, Philippe pun menjamin bahwa produknya tidak kalah lebih unggul dibandingkan dengan produk Robot Coupe, tetapi memiliki harga yang sama. “Kami tidak pernah meniru dan selalu menjadi inventor, yang kami lakukan selalu baru. Dynamic tidak pernah melakukan sesuatu yang pernah dilakukan pihak lain. Walaupun tidak memiliki jenis yang beragam, tetapi kami memiliki ukuran beragam. Sehingga agar dapat mengakomodasi semua jenis dapur, mulai dari satu liter hingga tiga ratus liter,” ungkap Philippe.

Walau tidak memiliki ragam produk yang cukup banyak, karena fokus pada produksi mixer saja. Menjadikan Dynamic sangat profesional dan totalitas di industri mixer. Dengan ketotalitasan mereka, Philippe sangat percaya diri akan kesempurnaan produk mixer yang dimiliki oleh Dynamic. “Robot Coupe adalah perusahaan besar yang memiliki banyak SDM. Robot Coupe punya 70 produk sementara Dynamic hanya punya dua, jadi Dynamic berpikir bagaimana cara mengoptimalkannya. Itulah yang membuat kami lebih unggul, fokus dan totalitas. Tidak ada pilihan lain selain untuk menjadi yang terbaik dan sempurna karena produk kami hanya mixer. Jika ada kesalahan sedikit saja, seluruh brand akan jatuh,” ungkap Philippe menutup wawancara kami yang singkat. (FL)