Nguyen Thi Pan & Hang Thi Kim Loan - Bun Bo Hue
Monday, 13-Apr-15 09:40:26 WIB

Jika bicara mengenai masakan Vietnam, secara internasional menu Pho telah menjadi trade mark bagi negara yang memiliki julukan Vietnam Rose ini. Pho merupakan sup yang terdiri dari bihun, daging, kaldu dan sayur-sayuran ini, digemari di hampir seluruh dunia terutama di Indonesia. Salah satu menu Pho yang paling terkenal di Vietnam adalah Bun Bo Hue, yang juga menjadi andalan di salah satu restoran Vietnam di Jakarta, MonViet.

Bun Bo Hue, bagi restoran yang berlokasi di Avenue of the Stars 1st Fl. #06A Lippo Mall Kemang Village ini merupakan resep keluarga yang sangat terkenal di Vietnam. Bun Bo Hue MonViet berawal dari tangan Nguyen Thi Pan yang merupakan ibu dari pemilik MonViet (Hai Hang Thanh dan Hang Thi Kim Loan.

Nguyen Thi Pan atau yang dipanggil dengan Phan, memulai usahanya dari sebuah mie kios yang terletak di pinggir jalan kota Ho Chi Minh pada tahun 1970, tepatnya di sudut jalan kecil bernama Ly ChinhThang. Pada saat itu Bun Bo Hue-nya begitu terkenal dan menjadi pembicaraan orang-orang di Ho Chi Minh. Kios Phan selama puluhan tahun terus hadir menyajikan Bun Bo Hue di sudut yang sama bagi para penggemarnya. Berkat kios ini, Phan bahkan bisa menyekolahkan kesembilan anaknya. Hingga akhirnya menu tersebut diturunkan ke anak keduanya, Hang Thi Kim Loan. Dan, ibunda pun memutuskan untuk menutup kiosnya.

Pada dasarnya Bun Bo Hue menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Hanya saja Hang Thi Kim Loan atau dipanggil dengan Loan, menggantinya dengan daging sapi agar mampu dinikmati oleh banyak orang di Jakarta. Perubahan ini tentunya menghasilkan pola memasak yang berbeda, karena daging dan tulang sapi membutuhkan waktu yang lama agar matang dan menghasilkan kaldu yang sempurna.

Tidak hanya lezat akan rasa kaldunya yang kental, bumbu dari rempah-rempah serta sayuran yang segar pun melengkapi signature dish yang berumur 40 tahun ini. Beberapa rempah-rempah yang digunakan dibawa langsung dari Vietnam, sedangkan sayur-sayuran ditanam sendiri di perkebunan mereka yang terdapat di daerah Jakarta Selatan. Tidak heran jika Bun Bo Hue menjadi salah satu menu favorit di MonViet, karena bahan-bahan yang segar serta keasliannya yang tetap terjaga.

Pada edisi ini MonViet dengan senang hati membagi resep andalan mereka pada pembaca yang budiman. Walaupun beberapa bumbu, seperti bumbu rempah-rempah, terasi udang (mereka tidak mau menjelaskan secara rinci karena alasan rahasia keluarga). Hanya saja hal tersebut dapat dikreasikan sesuai selera, karena mereka percaya setiap koki memiliki cita rasa yang berbeda dan disesuaikan dengan selera masing-masing.

Bun Bo Hue

Hiasan

Rau ram 3 gram

Bawang bombai 10 gram

Daun bawang 10 gram

Sayur-sayuran

Kol (iris tipis) 100 gram

Daun selada (iris tipis) 100 gram

Daun kemangi (iris tipis) 20 gram

Bahan Kaldu

Air 1 liter

Tulang sapi 1 kg

Sandung lamur 1 kg

Sereh 100 gram

Minyak biji Annatto 50 ml

Terasi udang Hue Sesuai selera

Knorr udang Sesuai selera

Garam Secukupnya

Serving

Bihun kecil 180 gram

Daging sandang lamur 100 gram

Sup 500 ml

Garnish mix 5 gram

Minyak cabe Sesuai selera

Cara Membuat :

Kuah Sup

Chop ram rau (mint Vietnam) campur dengan daun bawang dan bawang putih, sesuai dengan resep untuk mendapatkan rasa yang seimbang.

Rebus tulang dengan air selama 14 jam untuk mendapatkan esensi nutrisi dari tulang. Setelah itu tambahkan daging dan masak kembali selama 2 jam.

Kemudian tambahkan sereh (seluruh batang, jangan dipotong), tambahkan terasi, bubuk Knorr dan garam secukupnya.

Untuk memberikan sup terlihat berwarna merah, tuangkan minyak biji Annato ke dalamnya.

Penyajian

Siapkan bihun segar, lalu masukkan ke dalam mangkuk besar, beserta irisan daging sapi dan bahan-bahan hiasan di atasnya, lalu tuang kuah sup yang sudah mendidih.

Taruh sedikit minyak cabai pada piring kecil saat menyajikan hidangan, tergantung pada preferensi individu.

Iris kol, daun selada dan daun kemangi tipis-tipis. Sajikan sup tersebut dengan sepiring sayuran segar dan potongan jeruk nipis.