Menu Pendamping sebagai Kudapan
Friday, 20-Mar-15 02:35:16 WIB

Ada banyak resep yang ditampilkan di internet ataupun televisi mengenai bagaimana membuat kentang tumbuk, atau yang akrab disebut dengan mashed potato. Menu yang biasa dijadikan makanan pendamping western food ini disukai hampir seluruh masyarakat di dunia. Karena rasanya yang creamy, lembut, gurih dan lezat, membuatnya tidak hanya dijadikan sebagai masakan pendamping tetapi juga bisa dinikmati langsung sebagai kudapan. Tidak seperti nasi yang rasanya hambar dan harus dinikmati dengan lauk.

Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya saja membutuhkan waktu yang lama dan biaya. Dibutuhkan kentang berkualitas baik dengan kandungan pati yang tinggi, sehingga dapat menyerap susu/krim, butter serta bumbu lainnya dengan mudah. Anda cukup merebus kentang hingga matang, lalu keringkan terlebih dahulu sebelum ditumbuk agar kandungan air di dalamnya berkurang. Jika ingin menghidangkannya saat itu juga, langsung campurkan dengan susu/krim hangat dan butter. Hanya saja bagi beberapa restoran, mereka biasanya menyimpan kentang tumbuk tersebut di dalam chiller. Hingga akhirnya dimasak dengan campuran susu/krim hangat, serta butter sebelum dihidangkan.

Seiring perkembangan zaman, beberapa distributor makanan telah mengembangkan berbagai macam produk mashed potato. Salah satu produk yang banyak dijumpai adalah Knorr Potato Flakes/Kentang Kering Serpih, produksi Unilever Food Solutions. Dengan Knorr Mashed Potato Anda dapat membuat mashed potato lebih cepat dan hemat biaya, sehingga anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan menguntungkan.

Tidak hanya itu, Knorr Mashed Potato pun terjamin kualitasnya. Karena memiliki rasa kentang asli yang terbuat dari 99% kentang Jerman. Anda pun dapat mengkreasikan berbagai menu, seperti donat, kroket dan menu lainnya baik western ataupun Asian food.

Salah satu resep yang bisa diaplikasikan pada bisnis restoran atau kafe Anda adalah, Bake Cheesy Potato Ball with Mushroom Sauce. Menu yang dikreasikan oleh Aldi Adhena, Executive Chef Unilever Food Solutions ini, tidak hanya menggunakan bahan baku Knor Mashed Potato, tetapi juga menggunakan KNORR Demi Glace sebagai saus. Alhasil rasanya sangat menggiurkan dan cocok dijadikan sebagai kudapan sore hari ataupun sebagai menu sharing platter. Knorr Mashed Potato hadir dalam kemasan 2 kg dan 4 kg disesuaikan dengan kebutuhan usaha HoReKa Anda, sedangkan Knorr Demi Glace hadir dalam kemasan 1 kg.

Bake Cheesy Potato Ball with Mushroom Sauce

Untuk 3 porsi

Bahan :

200 gram Knorr Mashed Potato

20 gram Keju Permesan

2 gram Peterseli, cincang halus

0,5 gram Lada hitam

600 ml Air panas

100 gram Jamur

15 gram Bawang Merah, cincang

halus

1 gram Mix herbs, cincang halus

50 gram Keju Mozarella

Bahan Saus :

55 gram Knorr Demi Glace

500 ml Air biasa

Cara membuat:

1. Tumis jamur dengan bawang merah dan mix herbs, lalu sisihkan

2. Campurkan keju parmesan dan Knorr Mashed Potato

3. Panaskan 600 ml air hingga 80-90oC,

4. Apabila sudah mencapai suhu yang diinginkan, matikan api dan campur air panas dengan adonan di atas sambil diaduk rata.

5. Diamkan 1-2 menit hingga adonan mashed potato jadi, lalu aduk rata kembali sambil menambahkan lada hitam dan potongan peterseli

6. Setelah adonan jadi, sisihkan dan bentuk menjadi seukuran bola bakso dengan berat 20 gram

7. Susun rapi adonan pada gratin dishes ukuran kecil, lalu tuang saus demi glace yang saudah matang

8. Taburkan parutan keju mozzarella di atas adonan, lalu panggang dengan suhu 180oC menggunakan salamander atau oven dengan api atas hingga keju mozzarella meleleh dan bewarna kecoklatan

Saus

Larutkan bubuk demi glace dengan 500 ml air biasa Setelah larut lalu panaskan, dan campurkan saus dengan tumisan jamur