Masak Rendang Jadi Lebih Mudah
Tuesday, 03-Mar-15 11:49:56 WIB

Tidak hanya di Indonesia, gaung kepopuleran masakan berbahan dasar daging sapi asal Sumatera Barat ini sudah tersebar ke mancanegara. Semenjak 2011, masakan rendang berada di urutan teratas dalam The World’s 50 Best Foods versi pembaca/ pemirsa CNN. Inilah yang membuat rendang tersohor di dunia sebagai makanan terlezat.

Sebagai warga Negara Indonesia tentu bangga memiliki rendang. Kebanggaan akan rendang tidak hanya sebatas tercecap di lidah tetapi juga dapat mempelajari sejarah makanan tersebut, termasuk mampu membuatnya.

Tidak sedikit yang menganggap memasak rendang itu sulit karena banyak menggunakan bumbu dan rempah. Kini hal itu bisa disiasati dengan menggunakan bumbu instan. Banyak bumbu instan yang beredar dan SeleraIndo adalah salah satunya. Bumbu instan produksi PT Selera Indonesia Sukses Jaya ini menyediakan 33 bumbu masakan Indonesia dan salah satunya bumbu rendang.

SeleraIndo memproduksi bumbu dalam beberapa kemasan untuk 1-2 porsi, 4-5 porsi, dan kemasan untuk industri horeka (hotel, restoran, katering). Bumbu ini menggunakan bahanbahan alami tanpa pewarna dan penambah rasa atau penguat rasa. Meski ukuran kemasan sama tetapi berat isi bumbu akan berbeda setiap varian bumbu. Hal ini karena formula dan komposisi bumbu disesuaikan dengan jumlah porsi masakan.

Penggunaan bumbu rendang ini ke dalam masakan cukup mudah, hanya perlu menambahkan daging sapi, air dan santan cair. Bumbu rendang ini dapat digunakan untuk daging sapi dan ayam. “Daging sapi sengkel dan lamusir paling enak dibuat rendang karena teksturnya berurat, sedangkan ayam lebih enak ayam kampong dibandingkan ayam broiler,” terang Tjoe Sioe Tjoe, pemilik PT Selera Indonesia Sukses Jaya.

Jika diperhatikan bumbu SeleraIndo ini terlihat bertekstur kasar, bahkan bumbu kasar seperti serai, daun salam hingga daun jeruk nipis pun sudah dicampur di dalamnya. “Tekstur bumbu kasar dibuat agar terlihat lebih tradisional,” ucapnya.

Bumbu SeleraIndo tidak perlu ditumis lagi karena telah dimasak selama 5 jam untuk menghasilkan bumbu matang serta menghasilkan rasa dan aroma bumbu yang lebih kuat.

Agar daging lunak dan bumbu meresap, ketika memasak sebaiknya menggunakan api kompor yang kecil (slow cooking). “Untuk memasak daging sapi sekitar 1,5 jam sedangkan ayam kampung cukup 1 jam. Jika memasak menggunakan electric slow cooker akan lebih cepat matang tetapi jumlah air dalam resep perlu dikurangi,” jelas Atjoe sapaan akrabnya.

Setelah daging lunak, langkah terakhir menambahkan santan cair. “Setelah ditambah santan, masak dengan api besar agar minyak dari santan cepat keluar,” ujanya. Menggunakan santan kelapa segar akan memberikan rasa dan aroma rendang lebih lezat.

Rendang

Untuk 4 – 5 Porsi

Bahan

1. 500 gr daging sapi

2. 1.000 cc air

3. 300 cc santan cair

4. 1 bungkus bumbu rendang 5.

SeleraIndo (kemasan bumbu

untuk 4-5 orang)

Cara membuat:

1. Didihkan air, masukan daging

dan bumbu rendang SeleraIndo.

2. Masak daging hingga air

mendidih kembali. Kecilkan api

kompor dan masak perlahan

selama 1,5 jam hingga air

menyusut dan daging lunak.

3. Tuang santan dan masak

dengan api besar hingga air

menyusut.

4. Matikan api kompor, angkat

rendang dan sajikan.

Untuk 4-5 porsi