Keamanan Pangan di Bisnis Katering
Tuesday, 17-Jun-14 01:41:54 WIB

Usaha di bidang makanan bisa dikatakan menjadi bisnis yang tidak pernah mati. Seperti halnya usaha katering, tentu setiap orang membutuhkan makan maupun mengadakan suatu acara yang memerlukan konsumsi. Hal itu menjadi peluang bisnis katering, meski tetap dibutuhkan kerja keras, mampu menghadapai tekanan dan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik.

Keberhasilan bisnis katering akan sangat bergantung pada reputasi Anda. salah satunya adalah menjaga kualitas produk dan pelayanan seperti halnya menjaga keamanan makanan (food safety). Oleh karena itu katering membutuhkan sertifikat keamanan pangan seperti halnya menerapkan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).

Tujuan HACCP dalam industri pangan adalah mencegah terjadinya bahaya sehingga berguna sebagai jaminan mutu pangan sesuai tuntutan konsumen. HACCP bersifat sebagai sistem pengendalian mutu sejak bahan baku dipersiapkan, diproduksi, didistribusikan hingga disajikan.

Kompetensi seperti ini menjadi wajib bagi setiap usaha yang berkaitan dengan makanan dan tidak terbatas katering pertambangan maupun katering kecil skala rumahan. “Tetap kuncinya adalah higienis, sudah diuji laik sehat dan enak, meskipun enak itu relatif,” ujar Deddi Karyadi, Culinary Advisor Asia Catering.

Simak ulasan selanjutnya pada majalah Foodservice Today edisi 59 Juni 2014.

_______________________________________________________________________________

Informasi berlangganan:
 
1. Hubungi bagian sirkulasi di nomor telepon 021-6268758
 
2. Beli lewat aplikasi Scoop, Wayang Force, Scanie, Magzter, dan Majalah Indonesia di iOS atau Android.
 
3. Dapatkan di toko-toko buku terdekat di kota Anda.