JPW Packaging, Menjaga Kopi Tetap pada Kualitasnya
Monday, 06-Apr-15 03:15:37 WIB

Kemasan khusus untuk kopi memang terlihat sederhana namun memiliki peran dalam menjaga kualitas aroma dan rasa kopi. Karakter kopi yang kompleks membuat para pelaku bisnis di bidang ini harus memperhatikan proses dari hulu hingga hilirnya demi menjaga kualitas agar kopi tetap baik. Sama halnya dengan mesin roasting, mesin kopi dan grinder, kopi pun harus didukung dengan kemasan yang baik agar kualitasnya tetap terjaga.

JPW Coffee yang sebelumnya sudah terkenal dengan beragam produk kopi Luwak dan Arabikanya, sampai mengembangkan lini bisnisnya dengan menyediakan kemasan untuk kopi di bawah bendera, JPW Packaging.

 “Berbekal pengalaman kami selama bertahun-tahun menjual kopi luwak, kami tahu betul bagaimana memilih kemasan kopi berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. Banyak sekali orang yang telepon ke kami menanyakan tentang kemasan kopi, hal ini menandakan bahwa kebutuhan mengenai kemasan masih sangat tinggi di Indonesia. Berdasarkan tingginya permintaan itulah kami akhirnya memutuskan untuk membuka divisi baru khusus untuk jual berbagai jenis packaging kopi,” ujar Togu Pananditya Siregar, pemiliki JPW Packaging.

Togu menjelaskan, beberapa standarisasi packaging untuk kopi yang harus diterapkan, paling utama tentu saja harus foodgrade. “Syarat foodgrade itu, pertama materialnya bisa didaur ulang, materialnya harus tahan air dan tahan cahaya jadi kopi didalamnya lebih aman dan lebih segar,” ungkap Togu. Disamping foodgrade, kemasan khusus kopi perlu juga disesuaikan dengan karakter kopi itu sendiri. Apalagi kopi termasuk sangat sensitif terhadap kontaminasi dari luar, ini yang membuat kemasan kopi menjadi sangat penting. Togu menjelaskan, kemasan kopi harus memiliki lubang udara. Lubang ini berfungsi untuk mengeluarkan udara dari dalam, namun dari luar tidak bisa masuk. Kopi itu mengeluarkan gas CO2 kalau tidak dikeluarkan, gas itu akan membuat kopi apek.

JPW Packaging memiliki beragam jenis kemasan kopi untuk para pelaku bisnis kopi yakni Stand Up Pouch, Side Gusset Pouch, Flat Bottom Pouch dan Kemasan Sachet. Kemasan stand up pouch ini terbuat dari bahan alumunium foil dengan ketebalan 125 mikron, yang tahan terhadap cahaya matahari dan kontaminasi lain dari luar. Kemasan ini tersedia dalam ukuran Ukuran 10g, 70g, 100g, 150g, 250g, 500g, 1kg, 3kg, 5kg.

“Kemasan stand up pouch kami bisa menggunakan zipper atau no zipper dan valve atau no valve. Khusus untuk kopi, kami sangat menyarankan untuk tetap menggunakan valve untuk menjaga kesegaran kopi. Karena valve ini berfungsi untuk mengeluarkan CO2 pada kopi yang terdapat di dalam kemasan, namun udara dari luar tetap tidak bisa masuk ke dalam kemasan. Hal ini berfungsi untuk menjaga kesegaran dari kopi yang anda jual,” ujar Togu.

Berbeda dengan Stand Up Pouch, Side Gusset Pouch selain mampu menjaga kualitas kopi tetap baik, namun juga memiliki tampilan yang menarik. Kemasan ini biasa juga disebut sebagai kemasan bantal, karena bentuknya yang mirip bantal. Kemasan gusset ini tidak menggunakan zipper, sehingga setelah kemasan terbuka, maka harus ditutup dengan penjepit, biasanya disebut tintie, bisa juga menggunakan karet atau clip paper. Kemasan ini tersedia dalam ukuran 250g, 500g, 1kg, 3kg, 5kg.

Salah satu inovasi dalam menjaga kualitas kopi agar lebih baik lagi adalah kemasan Flatt Bottom Pouch. Model kemasan Flat Bottom Pouch ini merupakan kombinasi dari Stand up pouch dan Gusset Pouch. Ide bentuk kemasan ini awalnya muncul dari ide bagaimana agar kemasan berbentuk gusset ini bisa menggunakan zipper sebagai penutup. Karena kelemahan terbesar dari Gusset Pouch adalah tidak adanya zipper, karena itulah terbentuk kemasan mode baru dengan nama Flat Bottom Pouch.

Untuk membuat tampilan lebih menarik dan juga bisa menjadi cara untuk branding yang baik, JPW Packaging juga menyertakan custom order. Dengan custom order, kemasan bisa di-custom ukuran, custom zipper and valve dan juga printing. “Untuk custom order kami mengenakan minimum order sebanyak 10.000 pcs, kecuali jika barang yang di order kebetulan ready stok di tempat kami,” ujar Togu.