Hoshizaki Rambah Asia Tenggara Melalui Kantor Perwakilan
Monday, 19-Jan-15 09:20:05 WIB

Nama Hoshizaki sangat dikenal di industri mesin pendingin dunia. Maklum saja, perusahaan asal Jepang ini telah menjalani kiprahnya sejak tahun 1950 di kota Nagoya dengan nama Hoshizaki Electric CO.LTD. Walaupun pada awalnya di tahun 1950, perusahaan ini memulai bisnis suku cadang dan usaha printer. Dan pada tahun 1960, baru mulai aktif bergerak memproduksi mesin pembuat es dan mesin pendingin.

Dalam perjalanannya selama 60 tahun lebih ini, Hoshizaki telah memiliki jaringan penjualan yang luas dengan 15 perusahaan penjualan dan sekitar 450 cabang penjualan di seluruh Jepang. Di luar Jepang, perusahaan yang dikenal dengan logo pinguin ini bahkan memiliki basis manufaktur serta penjualan di Amerika dan Negara-negara di Eropa.

Di Amerika, Hoshizaki menguasai sekitar 30% pasar mesin pembuat es komersial, yang didistribusikan oleh 50 distributor independen, serta memiliki 7 service centre. Tidak hanya menguasai pasar mesin pembuat es, Hoshizaki juga mendistribusikan mesin pencuci piring, vending machine, dispenser dan berbagai mesin lainnya yang digunakan di industri foodservice, tetapi tetap dalam lingkup refrigeration product. Hoshizaki bahkan membuat pabrik sendiri yang berlokasi di Peachtree City, Georgia, Amerika Serikat. Pabrik ini diperuntukan untuk memenuhi pasar foodservice Amerika, seperti Burger King, Pizza Hut, Wendy’s, TGI Friday, dan banyak chain hotel seperti Sheraton, Hilton, Hyatt, Best Western, serta pusat hiburan seperti Disneyland dan Disneyworld. Selain di Amerika dan Jepang, Hoshizaki juga memiliki pabrik di Inggris dan China. Pembangunan pabrik di China menghasilkan produk yang lebih murah, untuk memenuhi pasar menengah ke bawah.

Walau memiliki cakupan pasar yang cukup luas di seluruh dunia, namun Hoshizaki tetap memandang Indonesia sebagai pasar foodservice yang sangat besar dan potensial. Terbukti di tahun ini Hoshizaki mendirikan kantor pusatnya di Indonesia, tepatnya di Kirana Boutique office, Kirana Evenue 2 blok D1/5, Jalan Raya Boulevard No.1, Kelapa Gading, Jakarta Utara. “Industri foodservice di Indonesia berkembang cepat, terlihat dari banyaknya mal, restoran, convenience store, hotel dan katering. Terdapat banyak pilihan dan kesempatan, mulai dari kelas bawah, menengah hingga kelas atas,” ungkap Kazuhiko Yamashita, Managing Director Hoshizaki Singapore PTE LTD saat diwawancarai Foodservice Today, Mei lalu.

Menghadirkan kantor perwakilan di beberapa negara seperti Indonesia, telah menjadi strategi penjualan Hoshizaki. “Ini adalah aturan Hoshizaki untuk langsung datang ke pasar lokal. Cara ini dapat membantu para distributor, dan cara ini berhasil di Singapura. Pertama kali di Singapura kami hanya punya 2 dealer di Singapura. Tapi 15 tahun terakhir, jumlahnya berkembang 5 kali lebih banyak dibandingkan saat pertama. Kami menyediakan produk ke distributor, suku cadang dan pelatihan, langsung ke dealer lokal. Kami menjamin ketersedian barang dan suku cadang sehingga para distributor mendapat kepercayaan dari pelanggan,” ungkap Kazuhiko.

Dengan menempatkan kantor perwakilan di Jakarta, Hoshizaki pun dalam 5 tahun ke depan menargetkan pembangunan kantor distribusi di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Bali, Surabaya, Kalimantan dan Sulawesi. Dengan menempatkan cabang di beberapa daerah, Hoshizaki menjaga pasokan produk selalu cepat sampai ke tangan pelanggan. “Bagi kami tantangan bukan di produk, karena produk kami berkualitas. Tantangan di harga juga tidak, karena kami juga memiliki pilihan produk dengan harga yang terjangkau. Tantangannya adalah bagaimana menyuplai produk dengan cepat dan selalu ada,” ungkap Kazuhiko.

Selain di Indonesia, Hoshizaki berencana merambah negara Asia Tenggara lain seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam dan lain-lain. Untuk melengkapi strategi perluasan pasar tersebut, Hoshizaki pun mengeluarkan produk-produk baru dengan teknologi terbaru, dan memiliki sertifikasi internasional.