Buah Beri - Si Mungil yang Lezat dan Berkhasiat
Wednesday, 08-Apr-15 09:33:46 WIB

Dalam definisi botani, buah beri berarti buah berdaging yang dihasilkan dari ovarium tunggal. Hal ini berarti anggur, tomat, alpukat, dan pisang pun masuk ke dalam kategori buah beri. Namun di dunia kuliner, definisi buah beri sendiri telah bergeser menjadi buah-buahan kecil yang dapat dimakan. Buah beri menjadi suatu jenis buah yang lebih bergengsi karena jenisnya yang bervariasi dan rasanya yang kaya membuat dessert menjadi lebih nikmat. Selain itu, buah-buahan ini sehat pula untuk dikonsumsi. Olahannya seperti jus, selai, dan sirup pun tak kalah laku di pasaran.

Stroberi

Dapat dikatakan jenis beri ini adalah jenis yang paling populer di Indonesia. Buah matangnya yang berwarna merah cerah ini memiliki rasa bervariasi dari manis hingga asam tergantung varietasnya. Kebunnya sendiri tersebar di dataran-dataran tinggi Indonesia mulai dari Ciwidey, Cipanas, Batu, hingga Bedugul.

Pigmen antosianin yang terdapat pada stroberi dapat menjadi antioksidan, dan kandungannya di stroberi cukup tinggi. Kandungan ini berguna untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini, stroke, dan kanker. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, C, E, dan asam ellagic. Asam ellagic inilah kandungan utama yang juga membantu menangkal kanker.

Karena rasanya yang segar, stroberi ini nikmat bila disajikan dengan krim atau es krim sehingga membuat rasanya menjadi lebih seimbang. Untuk penyimpanannya, simpan di wadah terbuka tanpa dicuci di dalam freezer.

Goji berry

Buah ini tergolong dalam superfood karena kandungan gizinya yang tinggi. Sebagai contoh, buah ini mengandung kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk. Selain itu, goji berry juga memiliki kandungan mineral yang jarang ada di makanan lain, misalnya selenium yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah yang berasal dari Cina ini juga menjadi rahasia wanita Cina untuk mempertahankan kecantikannya. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan goji berry yang tinggi sehingga digunakan pula dalam bahan pembuatan masker.

Untuk konsumsi secara kuliner, goji berry yang populer di Cina ini tentunya populer pula dalam hidangan Cina. Buah ini biasa dicampur dengan bubur nasi atau dicampur ke dalam sup. Selain itu, goji berry juga menjadi salah satu bahan dari teh herbal khas Cina

Blackberry

Buah berwarna hitam yang banyak ditanam di Meksiko ini cukup umum dijadikan selai, jeli, hidangan penutup, dan terkadang juga dibuat wine dan permen. Walau namanya juga dipopulerkan oleh sebuah perusahaan telepon, buah ini tetap lebih populer namanya di dunia perkulineran.

Buah ini berwarna merah gelap dan nyaris kehitaman. Dari sanalah namanya berasal. Walaupun buah ini mirip dengan buah rasberi, terutama buah rasberi hitam, kita dapat membedakan kedua buah itu dari bagian tengahnya. Buah blackberry memiliki inti berwarna putih yang memanjang dari pangkal hingga ujung, sedangkan buah rasberi memiliki rongga di tengahnya.

Blackberry juga kaya akan bioflavonoid dan vitamin C. Kalorinya pun rendah, berkisar sekitar 62 kalori saja per cangkirnya. Dalam memilihnya, carilah buah yang hitam, mengkilat, dan tanpa cacat untuk diolah atau dimakan segar-segar.

Bluberi

Tampilan buahnya yang berwarna biru dengan bercak putih seperti embun ini memang unik jika dibandingkan dengan buah-buah beri berwarna biru lainnya. Tampilan warna biru di kulitnya lebih cerah, namun daging buahnya sendiri berwarna biru pekat keunguan. Warna ini disebabkan oleh pigmen warna birunya, yaitu antosianin. Buah bluberi dapat mengandung 25-30 jenis pigmen antosianin dan konsentrasinya lebih kuat dibandingkan dalam buah-buah lain. Selain itu, pigmen sianidin dalam bluberi juga berkhasiat khusus sebagai anti peradangan.

Buah yang memiliki pucuk berbentuk mahkota segilima ini berbuah sepanjang tahun. Rasanya yang cenderung manis membuatnya berguna untuk dijadikan produk-produk semacam selai, es krim, minuman, dan makanan pencuci mulut seperti pai, cake, puding, compote, dan lain-lain. Untuk menyimpannya, jagalah agar tetap kering di dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam freezer.

Kranberi

Buah yang banyak ditanam di Amerika dan Kanada ini tergolong ke dalam superfruit karena kandungan nutrisinya, terutama vitamin C, E, dan seratnya yang sangat tinggi. Walaupun kandungan nutrisinya jauh lebih bagus jika dikonsumsi segar, buah ini sangat asam dan ada pula sedikit rasa pahitnya. Oleh karena itu, buah ini lebih banyak tersedia dalam bentuk olahan.

Contoh olahan kranberi yang populer adalah saus kranberi. Saus kranberi terbuat dari buah kranberi segar, air, dan gula. Olahan ini biasa dipasangkan dengan kalkun panggang untuk memperkaya rasanya. Selain itu, ada pula jus dan wine yang dibuat dari buah kranberi. Untuk jus, kranberi dipanen sebelum warnanya gelap agar rasanya lebih segar saat diolah.

Rasberi

Buah rasberi berasal dari daratan Eropa. Di daerah asalnya, buah ini populer sebagai buah musim panas. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, buah ini kemudian dapat dipanen sepanjang tahun.

Sebenarnya, rasberi tidak hanya muncul dengan warna merah. Di Eropa, terdapat rasberi berwarna hitam, ungu, biru, bahkan emas dan kuning. Namun, buah berwarna merah inilah yang paling bernilai komersil dan banyak dibudidayakan.

Rasberi kaya dengan senyawa keton, yaitu senyawa yang menghasilkan wangi harum khas buah. Keton sintetis sendiri banyak diproses sebagai perasa buatan. Memang, tidak hanya buah rasberi yang mengandung keton. Namun, kandungan keton dalam buah memang paling banyak terdapat di buah ini. Selain harum, senyawa ini juga berkhasiat melangsingkan. Oleh karena itu, buah rasberi ini sangat baik untuk mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Gooseberry

Gooseberry memiliki fitur buah yang mirip dengan anggur, namun lebih lonjong. Buah ini lazimnya berwarna hijau, akan tetapi ada pula yang berwarna merah bergantung kepada varietasnya. Gooseberry biasa dipanen sebelum matang karena rasa asamnya menambah kaya rasanya.

Buah musiman yang biasa dipanen sekitar bulan Mei hingga September ini biasa diolah menjadi acar atau digunakan dalam dessert seperti kue pie dan crumble. Selain itu, buah ini juga biasa dijadikan minuman seperti soda, teh, dan juga dapat dijadikan wine.