Berbelanja Bahan Baku Pangan untuk Dapur Katering
Friday, 27-Mar-15 17:22:51 WIB

Salah satu nilai jual bagi katering terletak pada menu hidangan. Kulitas sebuah menu hidangan sangat ditentukan dari kepiawaian sang juru masak dalam mengolah bahan makanan, serta kualitas bahan makanan yang digunakan.

Memenuhi kelengkapan bahan makanan untuk kebutuhan dapur katering selalu menjadi prioritas dalam menghasilkan menu makanan sesuai dengan ciri khas katering. Sebagai pengusaha katering, Anda bisa memilih sumber terpercaya untuk mencari bahan baku sesuai kriteria. Bahan makanan yang berkualitas tentu saja akan menghasilkan hidangan yang prima.

Dalam memenuhi kebutuhan bahan baku di dapur katering, beberapa tempat atau sumber bisa jadi pilihan. Bagi katering kecil, belanja di pasar tradisional bisa menjadi pilihan. Pasar tradisional menampung bahan-bahan makanan segar langsung dari petani seperti sayuran, buah-buahan dan bumbu dapur. Berbelanja di tempat ini suasana tawar-menawar menjadi pemandangan sehari-hari.

Di sisi lain, Anda perlu cermat memilih bahan-bahan makanan dari sisi kualitas maupun harga karena setiap produk dari setiap penjual tidak seragam. Kondisi pasar tradisional pun cenderung kurang tertata rapi dan kurang bersih. “Misalnya kualitas timun di Pasar Induk tidak seragam, ada yang bijinya tua ada yang muda. Membeli daun bawang dari pasar harus dicuci terlebih dahulu karena biasanya masih kotor,” ucap Hj. Soelasmiati Soepardan, pemilik Nurmaya Sari Catering.

Pilihan lainnya adalah membeli dari pemasok bahan makanan (supplier). Umumnya setiap supplier menyediakan barang-barang khusus dan tidak semua tersedia. Misalkan saja ada supplier yang hanya memasok aneka bumbu, sayuran, daging, beras, telur, dry goods dan lainnya. Membeli barang dari supplier bisa menjadi alternatif untuk memesan suatu produk dalam jumlah besar dan barang secara khusus dikirim langsung ke dapur katering Anda sebagai bagian dari pelayanan mereka.

Namun bagi sebagian supplier ada saja yang melakukan kecurangan. Kualitas barang yang dipasok oleh mereka tidak seragam dan cenderung sulit dikontrol pihak pembeli. “Ada dari mereka (supplier) kadang-kadang tidak bisa dipercaya. Barang yang harusnya sudah dibuang tapi masih saja dijual ke kita. Bahkan pernah dibohongi supplier sayuran, wortel besar ditumpuk di luar sedangkan bagian dalamnya berukuran kecil,” jelas Hj. Soelasmiati Soepardan.

Kemudian pilihan yang terakhir adalah berbelanja di supermarket grosir. Tempat ini merupakan pasar swalayan khusus menyediakan barang-barang dalam partai besar. Berbeda dari berbelanja di pasar tradisional maupun supplier, supermarket grosir menyediakan pilihan bahan baku yang beragam dengan suasana yang nyaman. Anda bisa melihat dan memilih kualitas barang yang ditampilkan di supermarket grosir sehingga terhindar dari kecurangan yang acap kali ditemukan jika memesan barang dari supplier.

Salah satu supermarket grosir khusus menyediakan kebutuhan katering adalah Lottemart Wholesale. “Tersedia bauran produk yang beragam sesuai kebutuhan pelanggan hotel, restoran dan katering (HOREKA). Produk pun terjamin kualitasnya, misalnya untuk produk halal terlampir sertifikat halal, higiene dan jelas sumber barangnya,” terang Engeline Tjia, Marketing Director PT Lotte Shopping Indonesia. Tak hanya bahan baku segar, produk perlengkapan usaha katering lain pun tersedia, antara lain dry food (makanan & minuman kemasan, pembersih, detergen, dll.), general merchandising (appliance, furnitur, dll.) hingga perangkat dapur profesional dan baju chef. “Ketersedian produk terbilang cukup, terlebih bila melakukan order sebelumnya. Pelanggan juga bisa mendapatkan konsultasi dari tim Customer Development dan memberikan inspirasi bisnis,” tambah Engeline Tjia.

Ketersediaan berbagai barang-barang kebutuhan bisnis katering menjadikan supermarket grosir sebagai one stop shopping. Memang bila dilihat dari segi harga cenderung agak mahal, namun memang sesuai dengan kualitas produk dan kenyamanan berbelanja.

Tidak seperti berbelanja dari supplier, supermarket grosir umumnya mengusung konsep cash & carry sehingga jasa antarbarang bukan menjadi prioritas. Namun layanan tersebut tetap tersedia dengan biaya yang disesuaikan dengan jarak tempuh.

Masing-masing tempat berbelanja memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kualitas produk dan kemudahan berbelanja tetap menjadi hal utama untuk menunjang kelangsungan bisnis katering Anda.