Beralih Kepada Kitchen Decarboniser
Wednesday, 28-Jan-15 09:20:32 WIB

Aspek food safety adalah hal nomor satu yang harus diperhatikan dalam pengoperasian dapur. Selain meliputi perilaku pengguna dapur dalam memperlakukan bahan makanan, ketelitian dalam membersihkan alat dapur pun harus diperhatikan. Apalagi, alat-alat logam yang diperlukan untuk memasak. Tidak sedikit alat berbahan logam yang digunakan. Mulai dari fry pan, sauce pan, sauté pan, roaster pan, griller, hingga wok, semuanya butuh perawatan yang rutin.

Sesungguhnya, membersihkan alat-alat tersebut tidak begitu sulit asalkan alat-alat tersebut langsung dibersihkan setelah digunakan. Akan tetapi, umumnya keadaan dapur yang selalu sibuk membuat chef tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Waktu yang dialokasikan chef untuk membersihkan peralatan mungkin hanya saat closing, ketika tenaga sudah habis, sehingga tidak maksimal.

Jika alat tersebut sudah sering dipakai, akan muncul masalah yang berkaitan dengan perawatan dan kebersihan. Salah satunya adalah munculnya lapisan lemak di permukaan hingga lapisan karbon hitam di bagian bawah alat. Jika sudah begini, membersihkannya secara manual bukanlah barang mudah lagi. Setelah lapisan mengeras, barang-barang tersebut akan sulit dibersihkan secara sempurna.

Salah satu solusi yang mulai populer digunakan di industri foodservice adalah decarboniser. Alat ini bertujuan untuk menghemat waktu dan tenaga awak dapur dalam membersihkan alat-alat dapur.

Simak ulasan selanjutnya pada majalah Foodservice Today Edisi 66 Januari 2015

______________________________________________________________________________

Informasi berlangganan:
 
1. Hubungi foodservice.today@mfk.co.id atau telepon 021-6268758
 
2. Beli lewat aplikasi Scoop, Wayang Force, Scanie, Magzter dan Majalah Indonesia di iOS atau Android.
 
3. Dapatkan di toko-toko buku terdekat di kota Anda.