Aneka Cabai di Dunia
Wednesday, 21-Jan-15 06:53:20 WIB

Warna merah pekat dan rasanya yang pedas memberikan sensasi seperti terbakar di lidah. Cabai sering digunakan dalam masakan untuk memberikan rasa pedas. Di dunia internasional, cabai disebut dalam beberapa istilah antara lain chili, chile, dan pepper. Rasa pedas cabai berasal dari senyawa capcaisin yang terdapat pada bagian tangkai dan biji. Tak semuanya berwarna merah, karena cabai terdiri dari beberapa bentuk, warna dan tingkat kepedasan yang berbeda.

Paprika

Meskipun masih termasuk genus capsicum, paprika tidak mengandung senyawa capcaisin dan tentu saja rasanya tidak pedas melainkan cenderung manis. Capcaisin merupakan senyawa yang memberikan sensasi pedas di mulut, biasanya banyak terkandung pada biji cabai. Paprika berasal dari wilayah Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara dan mulai diperkenalkan ke seluruh dunia oleh bangsa Spanyol tahun 1493. Nama lain paprika adalah bell pepper karena bentuknya menyerupai lonceng. Paprika memiliki banyak warna, seperti hijau, kuning, merah, jingga, putih dan ungu. Sayuran ini juga sering digunakan dalam hidangan salad, toping pizza, kebab, tempura dan hidangan tumis. Cubanelle dan aji dulce juga termasuk jenis cabai yang tidak pedas.

Banana Pepper

Disebut juga banana chili atau yellow wax pepper. Cabai ini biasanya diolah menjadi acar untuk pizza, sandwich, dan greek salad. Banana pepper menjadi salah satu cabai yang tidak terlalu pedas dengan skala berkisar 0-500 SHU (Scoville Heat Unit). Satuan tingkat pedas ini ditemukan sejak 1912 oleh Wilbur Scoville, seorang ahli farmasi asal Amerika. Skala pedas ini diperoleh dari hasil perhitungan kadar capcaisin pada cabai yang dikeringkan.

Anaheim Pepper

Salah satu varietas cabai dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Skala pedas cabai ini berkisar 500-2.500 SHU. Nama Anaheim berasal dari Emilio Ortega, seorang petani yang membawa bibit cabai ke wilayah Anaheim, California pada abad ke-19. Tidak heran, cabai ini disebut juga california chili. Namun sejak ditanam di Meksiko, cabai ini disebut new mexico peppers atau hanya disebut chile karena merupakan jenis cabai yang umum di sana. Namun, cabai yang ditanam di Meksiko ini bernilai hingga 10.000 SHU. Terdapat pula rocotillo pepper, poblano pepper dan peppadew yang tidak jauh berbeda tingkat pedas dengan anaheiim pepper.

Cayenne Pepper

Cayenne pepper juga dikenal dengan sebutan guinea spice, dan termasuk di antaranya cow-horn pepper, aleva, dan bird’s eye chili. Cabai ini umumnya dikeringkan untuk diolah menjadi bentuk bubuk dan serpihan. Bubuk cabai ini dimanfaatkan untuk memberikan rasa pedas pada menu buffalo wings, saus dasar cuka hingga masakan Korea, Sichuan dan makanan Asia lainnya. Skala pedas cabai ini berkisar antara 30.000-50.000 SHU dan satu level dengan jenis cabai lainnya seperti guntur chili, cumari pepper dan Tabasco pepper.

Serrano Pepper

Serrano pepper berasal dari negara bagian Meksiko, Puebla dan Hidalgo. Cabai yang memiliki skala pedas 10.000-25.000 SHU ini memiliki aneka warna, antara lain hijau, merah, cokelat, jingga, dan kuning. Serrano pepper sering dikonsumsi dalam bentuk mentah maupun dimatangkan dan sering diolah menjadi hidangan meksiko seperti pico de gallo dan salsa. Jenis cabai lain yang memiliki level pedas yang sama adalah peter pepper dan aleppo pepper.

Jalapeno Pepper

Meksiko menjadi salah satu negara yang banyak menghasilkan jalapeno pepper yang memiliki nama lain huachinango dan chile gordo. Jalapeno pepper memiliki warna hijau dan merah serta memiliki skala pedas antara 2.500- 10.000 SHU. Di Meksiko, cabai ini sering diolah menjadi acar, chipotle (jalapeno asap), salsa, nachos, jalapeno poppers (jalapeno isi keju yang dibungkus bacon) dan lain-lain.

Rocoto

Cabai jenis ini tumbuh di pegunungan Andes dari negara Chile hingga Kolombia dan umumnya mudah dijumpai di daratan tinggi Amerika Tengah dan Meksiko. Sebutan bagi cabai ini bervariasi, seperti locoto pepper, rocote, manzano/manzana, canario dan lainnya. Bentuk cabai ini bulat, berwarna merah jika sudah matang dan dapat tumbuh sepanjang 2-3 inci. Rocoto memiliki skala pedas 50.000-250.000 SHU dan biasanya cabai ini sering dipanggang dan diisi daging dan keju. Jenis cabai lain yang memiliki rasa pedas seperti rocoto, di antaranya datil pepper, madame jeanette dan scotch bonnet pepper.