Alecos Coffee Grinder No16, Penggiling Mungil untuk Kafe Kecil
Tuesday, 02-Dec-14 01:42:25 WIB

Kafe atau restoran Yunani autentik tentunya tidak asing lagi bagi para masyarakat di kota besar Indonesia. Bahkan bisa dikatakan bahwa kafe dan restoran Yunani dapat diterima dengan baik oleh masyarakat seiring dengan perkembangan bisnis tersebut. Berbicara mengenai menu-menu makanan dan minuman di kafe atau restoran Yunani, Greek coffee, atau kopi Yunani merupakan satu minuman yang populer di negara asalnya.

Greek coffee gaya tradisional yang banyak dipengaruhi oleh gaya Mediterania, terutama Turki, berbahan dasar kopi bubuk bertekstur khusus. Biji kopi digiling menggunakan mesin kopi khusus yang banyak dijumpai di negara asalnya. Salah satu mesin yang memadai untuk membuat bubuk kopi ini adalah Alecos Coffee Grinder No16. Pentefragkas Panagiotis, Chef Owner dari El Greco, salah satu restoran Yunani di Jakarta menjelaskan bahwa mesin penggiling kopi khas Yunani tersebut memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki penggiling yang bukan terbuat dari logam, melainkan dari batu gerinda.

Hasilnya, kopi bubuk yang diproduksi dari mesin kopi tersebut bertekstur sangat halus seperti tepung. Saat diproses menjadi secangkir Greek coffee yang merupakan salah satu minuman andalan di restorannya, busa yang lembut dan kaya akan berkumpul di permukaan gelas ketika bubuk-bubuk halus kopi tersebut berkumpul di bagian bawah gelas.

“Saya sengaja membawa mesin ini jauh-jauh dari Yunani, karena saya memakainya juga di restoran lama saya di sana, O Pente,” jelas Pentefragkas.

Selain penggiling dari batu gerinda berdiameter 16 sentimeter yang memastikan hasil penggilingan kopi menjadi sangat halus, keutamaan lain dari mesin ini terletak pada ukurannya yang tidak terlalu besar, namun cukup cocok untuk kafe kecil atau bahkan dalam rumah tangga. Mesin berdimensi 35x80x63 sentimeter kubik ini cukup memakan tempat sebesar 35 sentimeter sehingga memudahkan penempatannya di dalam ruangan. Dengan bentuknya yang khas, tradisional, dan antik, mesin ini mempercantik ruangan dan memperkental suasana tradisional Yunani. Warna emasnya membuat mesin ini terlihat outstanding di dalam ruangan.

Dengan berat 43 kilogram, mesin ini bertenaga sekitar dua hingga tiga tenaga kuda atau setara dengan 1.500 hingga 2.000 watt. Dengan efisiensi seperti ini, Alecos Coffee Grinder No16 mampu menghasilkan kopi bubuk khusus Greek Coffee ini dengan kapasitas hingga 14 kilogram per jamnya. Dengan kapasitas produk kopi bubuk sebesar ini, tentunya akan mencukupi kebutuhan kopi pelanggan kafe kecil.

Insertion box dari mesin ini berkapasitas 4,5 kilogram sehingga cukup memadai untuk kafe kecil. Serving drawer kokoh yang terletak di bagian bawah komponen-komponen mesin dengan pegangan kecil dari logam menjadi aksen yang unik mengingat bahan dasarnya yang terbuat dari kayu dengan desain yang antik. Hal tersebut dapat memperkuat keyakinan pelanggan bahwa kafe Yunani yang Anda minum benar-benar memakai kopi yang fresh.

“Untuk merawatnya cukup mudah. Bagian luarnya cukup dibersihkan dengan lap setiap hari, sementara bagian-bagian yang cukup rumit dan kecil seperti baut-bautnya dapat dibersihkan dari debu dengan menggunakan kuas bersih,” jelas Pentefragkas lagi.

Fitur lain yang dimiliki oleh produk ini adalah sistem cleaning atau pembersihan yang dioperasikan menggunakan keran dari logam. Keran tersebut terdapat pada output neck dari mesin ini. Sistem pembersihan bersangkutan memudahkan kita atau siapapun yang mengoperasikan mesin ini untuk membuat kopi yang digiling meluncur keluar dengan mudah menuju ke dalam serving drawer. Fitur tersebut dapat digunakan bahkan di saat proses menggiling kopi sedang berlangsung.

Selain itu, terdapat pula magnet pelindung di dasar insertion box biji kopi. Magnet ini berfungsi untuk menyaring logam-logam kecil yang mungkin saja terkandung di dalam biji-bijian kopi yang telah masuk ke dalam insertion box tersebut. Fitur tersebut tentunya melindungi bagian paling penting yang terdapat di dalam mesin bertegangan listrik 220 hingga 380 volt ini, yaitu penggilingnya yang terbuat dari batu gerinda.

“Ini berguna untuk melindungi mesin karena hantaman logam dengan batu gerinda dapat mengganggu fungsi mesin, nanti dampaknya akan mempengaruhi kualitas hasil dari bubuk kopi,” jelas Pentefragkas yang belum pernah mengganti penggilingnya sejak dia memakai mesin ini di Indonesia pada 2013.

Selain fitur-fitur dasar tersebut, mesin ini juga dapat disesuaikan dengan fitur tambahan yang dapat langsung dikonsultasikan dengan distributor. Tersedia juga bag holding system jika Anda ingin langsung menampung bubuk hasil penggilingan biji kopi tersebut dengan kantung penampung sendiri. Selain itu, mesin ini juga dapat dilengkapi dengan bag shaker system yang memudahkan bubuk kopi dapat langsung meluncur ke dalam kantong.

Lebih jauh dari itu, kapasitas ruang mesin ini dapat disesuaikan pula dengan kebutuhan Anda, terutama demi efisiensi waktu. Insertion box untuk biji kopi dapat ditingkatkan hingga ke kapasitas 10 kg, begitu pula dengan ukuran serving drawer yang dapat disesuaikan bergantung kepada penggunanya.