Agar Dapur Komersial Resik dan Ciamik
Monday, 07-Jul-14 12:16:15 WIB

"Sukses Anda bermula dari dapur.” Aksioma ini sudah menjadi pakem pertama buat mereka yang berbisnis di dunia foodservice. Persoalan dapur bukan hanya menyangkut pemilihan kompor yang tepat. Lebih dari itu, perawatan dapur juga memainkan peran penting untuk kemajuan dan kesuksesan restoran Anda.

Memang tidak mudah menjalankan dan memelihara sebuah restoran. Demi mempertahankan standar kebersihan dan kualitas restoran, Anda perlu bersikap sangat tegas tentang tingkat kesehatan yang dijaga dalam restoran terutama pada dapur. Memiliki sebuah dapur yang kotor bukan hanya meninggalkan dampak yang buruk bagi pelanggan tapi juga bisa mencoreng citra restoran Anda secara keseluruhan. Tidak memerdulikan standar higiene juga bisa berpengaruh pada pembatalan lisensi laik sehat restoran Anda. Oleh karena itu, sudah merupakan kewajiban mutlak bagi Anda untuk memberikan perhatian ekstra untuk menjaga kondisi dapur agar tetap resik dan selalu tampil ciamik.

Membersihan dapur komersial bukan pekerjaan mudah karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah kesibukan yang supertinggi di dalam dapur komersial. Berbeda dengan dapur rumah tangga, dapur komersial memiliki sejumlah orang yang keluar masuk setiap saat di sepanjang hari. Artinya, dapur komersial Anda bisa semakin kotor dalam hitungan menit, bukan hanya lantainya saja tapi juga meja dan permukaan lainnya.

Alasan kedua adalah varian makanan yang harus disiapkan dalam sebuah dapur komersial. Pada situasi dapur komersial berukuran kecil, tidak jarang seseorang menyiapkan daging, makanan penutup dan saus dalam jarak yang berdekatan satu sama lain. Oleh sebab itu, penting bagi Anda membersihkan segala permukaan dapur sebisa mungkin sehingga kecelakaan seperti jus dan potongan-potongan sisa daging yang menyerap ke makanan lain, dapat terhindari.

Sesulit apapun cara dalam menjaga kebersihan suatu dapur komersial, Anda perlu selalu menaruh perhatian besar terhadap aspek penting ini. Berikut ini adalah beberapa saran praktis untuk menjaga kebersihan dapur komersial Anda dan untuk mengurangi kerumitan yang terjadi pada proses menyiapkan varian makanan.

1. Bersihkan dapur Anda secara rutin

Sediakan kain pembersih biasa dalam dapur Anda. Benda ini akan mempermudah kewajiban Anda untuk menjaga kebersihan peralatan dan dapur. Bersihkan secara teratur semua peralatan stainless steel Anda dengan cara menyekanya, hal itu sebaiknya dilakukan sebelum perubahan shift. Jika aktivitas ini bisa menjadi kebiasaan maka bisa sangat membantu kelangsungan rutinitas restoran dalam jangka panjang dan dapat memberikan tampilan bersih secara keseluruhan untuk dapur Anda.

2. Gunakan kain pembersih yang tepat

Merupakan hal yang sangat penting memilih kain yang tepat untuk membersihkan semua permukaan dapur dan berbagai peralatan stainless steel Anda. Beberapa kain pembersih terdiri dari bahan yang kasar dan dapat merusak peralatan serta perlengkapan Anda di dapur. Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki persediaan kain pembersih berbahan microfiber karena bahan ini tidak akan meninggalkan goresan pada peralatan juga permukaan dapur komersial Anda.

3. Latihlah staf Anda

Para staf bisa menjadi sangat sibuk membersihkan semua permukaan dapur sehingga ada kemungkinan mereka lupa untuk selalu mencuci semua peralatan stainless steel secara rutin. Menjaga kebersihan permukaan dapur sudah menjadi suatu kewajiban mutlak tapi hal itu sama pentingnya dengan memastikan semua peralatan tetap bersih.

Dengan mengikuti semua saran praktis ini maka bisa sangat membantu Anda dalam memelihara kebersihan dapur komersial dan bermanfaat dalam mendukung rutinitas para staf restoran ketika menyiapkan hidangan.

Tiga Langkah Dasar Menjaga Dapur Bersih dan Sehat

Langkah 1

Cuci semua lantai, panci, kuali dan peralatan dapur lainnya dengan air sabun hangat. Partikel makanan dan kotoran dapat mejadi tempat bersarangnya kuman. Jadi pastikan untuk membersihkan semua makanan dan kotoran dari lantai dapur dan peralatan masak. Gunakan beberapa minyak pembersih lemak jika perlu. Sabun biasa yang sederhana untuk cuci piring dan air adalah yang terbaik, tidak ada kebutuhan untuk menggunakan sabun antibakteri. Sabun sudah dirancang untuk mengangkat kotoran dari permukaan, kadang-kadang dengan cara menggosok dan sedikit air hangat sudah membantu sabun bekerja dengan efektif. Tidak ada kebutuhan untuk menggunakan air yang sangat panas, air dingin juga dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Langkah 2

Bilas permukaan lantai dapur, panci, kuali dan peralatan dapur lainnya untuk menghilangkan kotoran dan residu dari sabun. Gunakan air hangat, air mengalir untuk membilas partikel makanan, kotoran dan sisa sabun. Ketika Anda membasuh kotoran dan sabun, kuman juga akan ikut dibersihkan.

Langkah 3

Membersihkan permukaan yang sudah dibilas untuk membunuh kuman yang tersisa. Setelah permukaan lantai, panci, kuali dan peralatan dapur lainnya telah dicuci dan dibilas, ide yang baik jika melanjutkan bersih-bersih dengan langkah sanitasi. Sebuah langkah sanitasi akan membantu membunuh kuman yang mungkin tersisa pada permukaan. Ada dua jenis kimia pemutih pembersih yang umum dipakai, klorin dan senyawa surfaktan. Pemutih klorin adalah pembersih kimiah yang paling mudah dan paling efektif untuk digunakan.