Mencari Sushi Chef Terbaik Indonesia
Friday, 19-Jun-15 14:40:04 WIB

Ajang pencarian sushi chef terbaik dunia dimulai di Indonesia. Melalui Global Sushi Challenge 2015, para chef terbaik dari 14 negara di Eropa, Amerika dan Asia ini akan bertanding di final pada 25 November di Tokyo. Sebagai awal, Indonesia terpilih untuk memulai kompetisi ini di dunia pada 27 Agustus mendatang.

Global Sushi Challenge (GSC) diselenggarakan oleh Norwegian Seafood Council (NSC) dan World Sushi Skills Institute of Japan. Kompetisi ini memadukan kebaikan yang berasal dari Jepang sebagai negara asal sushi, dan salmon asal Norwegia yang terkenal kualitasnya.

Penggunaan salmon pada sushi pertama kalinya dikenalkan Norwegia kepada Jepang pada tahun ‘80-an. “Walau butuh beberapa tahun untuk meyakinkan Jepang, kini salmon merupakan ikan pilihan untuk sushi bagi kaum muda Jepang,” kata Hilde Solbakken, charge d’affaires Kedutaan Besar Norwegia pada acara konferensi media Selasa (16/7) lalu.

Direktur Asia Tenggara NSC Jon Erik Steenslid mengatakan, “Kami telah memulai inisiatif di Indonesia pada 2013 bernama Salmon Academy untuk memberikan pelatihan bagi para staf di bagian ikan segar di mitra ritel kami. Kini, melalui Global Sushi Challenge kami berharap dapat meningkatkan kemampuan chef Indonesia membuat hidangan ikan dan sushi yang berkualitas tinggi.”

Menurut Jon, melalui kompetisi ini mereka dapat mengenalkan prinsip-prinsip penanganan ikan dan hidangan laut secara higienis, agar terjaga kualitas yang terbaik ketika dikonsumsi. Acara konferensi di Yellowfin Sake Bar & Kitchen, Jakarta Selatan ini juga memberikan pelatihan kepada awak media cara membuat sushi yang dipandu oleh chef Hendro Soejadi.

Kompetisi GSC 2015 di Indonesia akan diselenggarakan di AIPRO Training Center, Alam Sutera, Tangerang. Mereka yang sedikitnya telah tiga tahun menjadi sushi chef dan bukan berkebangsaan Jepang dapat mengikuti ajang. Pendaftaran ditutup pada 13 Agustus 2015. Pemenang akan dinobatkan sebagai Sushi Chef Indonesia 2015, hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta dan berkesempatan ke Tokyo secara gratis selama tiga hari untuk mengikuti grand final.

Pemenang grand final mendapat gelar Global Sushi Chef 2015, magang bersama sushi master, kunjungan ke restoran sushi, kunjungan ke Kyoto dan mendapatkan pisau sushi berkualitas tinggi.

 

KEEP READING :